Sean Harus Berjuang Dari Barisan Belakang

Berita

Written by:

F2.SeanGP.com (Red Bull Ring, Austria) – Pebalap Indonesia Sean Gelael harus berjuang dari barisan belakang yakni di posisi ke-17 pada balapan Feature Formula 2 di Sirkuit Redbull Ring Austria pada Sabtu (4/7) ini. Hasil ini karena mobil Sean mengalami kerusakan teknis pada sesi kualifikasi kemarin.

Padahal pada sesi latihan bebas, Sean sangat kompetitif. Dia mampu menggeber mobilnya dengan baik dan mencatatkan waktu tercepat kesembilan.

Namun demikiian, start dari posisi 17 di Sirkuit Red Bull Ring, bukan akhir segalanya bagi Sean bersama tim DAMS. Ada banyak tempat untuk menyusul di sirkuit di Austria tersebut. Asalkan, problem teknis di sistem elektronik benar-benar sudah teratasi.

Untuk mengatasi hal itu, Sean mengatakan bahwa tim DAMS berencana mengganti steering wheel dan semua elektronik yang bermasalah.

Francois Sicard, Team Principal Dams menyatakan: “Setelah masalah di sesi practice, kami mengganti dua onderdil, yaitu pompa hidrolis dan PDU (power delivery unit) untuk membuat aliran intercooler lebih lancar. Namun, ternyata masalah tetap terjadi di sesi kualifikasi sehingga kami mesti mencari tahu masalah yang sebenarnya. Ini benar-benar pukulan buat kami karena selama empat tahun mobil kami tidak pernah mengalami masalah, terutama di sesi kualifikasi! Ini sangat mengecewakan bagi Sean dan tim.”

Soal taktik apa yang dipakai, Sean dan DAMS belum bisa memastikannya. Yang terpenting adalah mencari kemungkinan dapat clear air (kondisi sepi).

Taktik prime-option (ban keras-lunak) atau sebaliknya masih akan dikalkulasi. Strategi masuk pit belakangan tersebut bisa jadi sama baiknya dengan option-prime yang masuk pit lebih dulu.

“Setelan mobil kami yang menyebabkan pemanasan ban lebih lama dari biasanya harus jadi pertimbangan,” kata Sean. “Kami tak boleh salah melakukan kalkulasi, karena ban kami butuh waktu lebih lama untuk mendapatkan grip.”

Pebalap asal China, Guanyu Zhou menempati pole position bersama tim Uni-Virtuosi Racing. Sementara rekan setim Sean, Dan Ticktum ada di posisi start sembilan.

Race 1 hari Sabtu bisa disaksikan langsung di situs www.sean-gelael.com.

Jadwal Live F2 Austria

Sabtu, 4 Juli
21.45: Race 1 (40 lap atau 60′ + 1 lap)

Minggu, 5 Juli
16.10: Race 2 (28 lap atau 45′ + 1 lap)

(ARL/WTO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *